Telur Rebus tiap Hari, Tubuh Bisa Lebih Sehat?

Avatar photo

- Jurnalis

Senin, 11 Mei 2026 - 21:47 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Telur rebus. Foto: iStock

Telur rebus. Foto: iStock

Jakarta, Seriusnews.id – Telur rebus menjadi menu sehat favorit untuk sarapan maupun diet. Banyak orang memilih telur rebus karena praktis, tinggi protein, dan kaya nutrisi penting.

Banyak orang juga rutin mengonsumsi telur rebus setiap hari. Jika menjalani pola makan seimbang, tubuh bisa merasakan berbagai manfaat dari kebiasaan tersebut.

Membuat Perut Kenyang Lebih Lama

Protein dalam telur rebus membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Karena itu, banyak orang menjadikan telur sebagai menu sarapan agar tidak cepat lapar atau sering ngemil.

Beberapa penelitian juga menunjukkan sarapan telur membantu mengontrol asupan kalori harian lebih baik dibanding makanan tinggi karbohidrat sederhana.

Menjaga Fokus dan Energi

Kuning telur mengandung kolin yang mendukung fungsi otak dan sistem saraf. Nutrisi ini membantu otak menghasilkan asetilkolin, senyawa yang berperan dalam memori dan konsentrasi.

Baca Juga :  Stres Menumpuk? 5 Makanan Ini Bisa Bantu Turunkan Kortisol

Sejumlah penelitian menemukan kolin dari telur membantu menjaga daya ingat pada orang dewasa dan lansia sehat.

Menjaga Kesehatan Mata

Telur mengandung lutein dan zeaxanthin yang membantu menjaga kesehatan mata. Kedua antioksidan tersebut melindungi retina dari stres oksidatif dan paparan cahaya berlebih.

Penelitian juga menunjukkan konsumsi telur mampu meningkatkan kadar lutein dan zeaxanthin dalam tubuh. Tubuh bahkan menyerap kandungan tersebut lebih mudah dari kuning telur.

Membantu Mengontrol Kolesterol

Banyak orang masih menganggap telur dapat menaikkan kolesterol. Namun, sejumlah penelitian terbaru menunjukkan konsumsi telur dalam jumlah wajar tidak selalu memicu kenaikan kolesterol pada orang sehat.

Baca Juga :  Ginjal Rusak Karena Kebiasaan Ini

Meski begitu, penderita kolesterol tinggi, diabetes, atau penyakit jantung tetap perlu mengatur konsumsi telur dan berkonsultasi dengan dokter.

Menjaga Rambut dan Kuku Tetap Sehat

Telur mengandung protein dan biotin yang membantu tubuh membentuk keratin, yaitu protein utama penyusun rambut dan kuku. Karena itu, rutin makan telur dapat membantu menjaga rambut dan kuku tetap kuat, terutama pada orang yang kekurangan protein.

Secara umum, orang sehat masih bisa mengonsumsi 1-2 butir telur per hari selama tetap menjalani pola makan seimbang dan gaya hidup sehat. (my*)

Berita Terkait

Kol Bermanfaat, Tapi 6 Kelompok Ini Perlu Membatasi Konsumsi
Hindari 5 Kebiasaan Pagi Ini Jika Ingin Jantung Tetap Sehat
Sakit Kepala di Tengkuk Tak Selalu Karena Capek, Ini 6 Penyebabnya
Hobi Makan Semangka? Waspadai Efek Pusing yang Bisa Muncul Setelahnya
Sering Makan Tak Teratur? Jam Biologis Tubuh Bisa Ikut Terganggu
Alpukat Sehat, Tapi 6 Kelompok Ini Wajib Batasi Konsumsinya
Waspada! Minum Kopi Saat Perut Kosong Bisa Picu Efek Ini
Viral Seblak Disebut Picu Kanker Ovarium, Dokter Ungkap Penyebab Sebenarnya
Berita ini 6 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 7 Juni 2026 - 17:00 WIB

Kol Bermanfaat, Tapi 6 Kelompok Ini Perlu Membatasi Konsumsi

Minggu, 7 Juni 2026 - 14:59 WIB

Hindari 5 Kebiasaan Pagi Ini Jika Ingin Jantung Tetap Sehat

Sabtu, 30 Mei 2026 - 17:24 WIB

Sakit Kepala di Tengkuk Tak Selalu Karena Capek, Ini 6 Penyebabnya

Jumat, 29 Mei 2026 - 07:05 WIB

Sering Makan Tak Teratur? Jam Biologis Tubuh Bisa Ikut Terganggu

Senin, 25 Mei 2026 - 13:04 WIB

Alpukat Sehat, Tapi 6 Kelompok Ini Wajib Batasi Konsumsinya

Berita Terbaru

Foto: Ilustrasi Kol. (CNBC Indonesia)

Kesehatan

Kol Bermanfaat, Tapi 6 Kelompok Ini Perlu Membatasi Konsumsi

Minggu, 7 Jun 2026 - 17:00 WIB

Foto: Ilustrasi sakit jantung. (Dok. Freepik)

Kesehatan

Hindari 5 Kebiasaan Pagi Ini Jika Ingin Jantung Tetap Sehat

Minggu, 7 Jun 2026 - 14:59 WIB

Ilustrasi Menjaga Lisan

Islami

Sebelum Bicara, Pahami Dulu 4 Jenis Ucapan Ini

Minggu, 31 Mei 2026 - 21:37 WIB